PEMAHAMAN DATABASE


PEMAHAMAN TENTANG DATABASE

Database mempunyai banyak arti, tetapi memiliki satu kesimpulan.
a.Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
b.Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
c.Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu untuk tujuan tertentu pula.
d.Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna.
Data Base (basis data) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan. Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record (umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu recordAdapun Struktur Database adalah: Database File/Table, Record.

B. Tehnologi Database merupakan aplikasi yang berbasiskan pada web disertai dengan penerapan tehnologi terbaru dari Microsoft’s .NET, memungkinkan perusahaan untuk dapat mengakses informasi, menjalankan bisnis dan melakukan hubungan dengan para pelanggan dan rekan bisnis setiap saat dan dimana saja melalui Internet.
C. Software Database membeikan solusi tepat yang dapat mencakup seluruh kebutuhan bisnis. Dengan Software Database maka suatu manajemen yang lengkap dan terintegrasi dalam hal perencanaan, barang/stok, produksi dan keuangan, akan memberikan kemampuan kepada perusahaan untuk mengurangi biaya-biaya operasional dan meningkatkan produktifitas, kualitas dan kontrol terhadap operasional perusahaan. Dan dengan adanya Software Database maka akan terjadi suatu keterikatan dan integrasi dari fungsi-fungsi penjualan, marketing, bantuan tehnis dan adanya fasilitas e-commerce yang tersedia, perusahaan akan mampu untuk menunjang dan meningkatkan penjualan, memberikan kepuasan yang lebih kepada para pelanggan sehingga para pelanggan dapat menjadi lebih “loyal” dan hubungan bisnis yang telah terjalin akan menjadi semakin baik. Fungsi “pengambilan keputusan/decision management” yang handal akan memampukan perusahaan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan jelas mengenai data-data bisnis yang sangat penting dalam perusahaan, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan-keputusan bisnis dengan lebih cepat, tepat, dan progresif.

2. Dari sisi pelaku bisnis, kehadiran suatu database adalah mempunyai arti yang sangat penting sekali. Sesusai dengan arti dasar dari database yang merupakan kumpulan data dari suatu bisnis / perusahaan yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga dapat diakses ataupun diambil dan digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis tersebut. Beberapa kemudahan yang dapat dicapai dalam dunia bisnis bila ada Database adalah :
• Pengoalah dan penganalisa data perusahaan.
• Kenikmatan fasilitas dari Windows (graphical user interface) yang sudah dikenal secara umum
• Instalasi dan upgrade seluruh terminal secara bersamaan
• Fasilitas untuk meng-import data dan menggunakannya secara mudah dan cepat dengan “Import Wizards”
• Tampilan dapat disesuaikan dengan selera pemakai (Personalized) dengan mensetting beberapa pilihan, tanpa harus melakukan modifikasi terhadap program
• Mendeteksi permasalahan sebelum terjadi dengan fungsi “Self-diagnostic”
• Menjadualkan dan mengotomatisasikan pemakaian “Alert Messages” yaitu suatu sistem yang dapat menampilkan pesan-pesan melalui tampilan di layar atau e-mail apabila suatu kondisi yang ditentukan telah terpenuhi.

3. Dalam kegiatan bisnis saya memilih kegiatan Penjualan.
Dalam meningkatkan penjualan saya memerluakan beberapa data:
a. Data Agen
b. Data Customer
c. Jenis barang yang akan dijual
Dan untuk data agen saya membutuhkan :
a. Alamat
b. Nomor telpon
Data Customer :
1. Nama
2. Alamat
3. Nomor telepon / HP
4. Tempat / Tanggal lahir
5. Jenis Kelamin
6. Email
Dari data-data diatas yang harus saya simpan adalah nama, alamat, dan nomor telepon/handphone.

Data diperoleh dari :
http://thekicker96.wordpress.com/pengertian-database/
http://gratisan92.blogspot.com/2010/07/pengertian-database-teknologi-database.html
http://elisabethoktavia.blog.binusian.org/2011/10/09/pemahaman-tentang-database/

Komentar

Postingan Populer